Minggu, 02 November 2014

Puasa Kifarat Besrta Niatnya




Puasa Kifarat
Puasa kifarat (kafarat) diberlakukan atas pelanggaran yang dilakukan seorang Muslim atas hukum Allah yang sudah berketetapan. Karena perbuatan yang ia lakukan tersebut Allah masih memberikan maaf, di samping bertobat ia harus melakukan atau membayar kafarat tersebut agar tobatnya diterima. Adapun pelanggaran yang dilakukan seseorang sehingga ia harus membayar kafarat adalah:

1. Hubungan badan di siang hari Ramadhan. 
Melakukan hubungan badan pada siang hari di bulan Ramadhan adalah pelanggaran yang sangat berat hukumannya. Maka, seseorang yang melanggar hal itu harus:


  • Berpuasa selama 60 hari berturut-turut tanpa terpisah sama sekali kecuali ada udzur syar’I, 
  • Apabila tidak mampu maka harus memberi makan kepada 60 orang miskin.Kifarat wajib dilakukan berkali-kali bila pelanggaran yang menyebabkannya berkali-kali dilakukan pada hari-hari yang berbeda. Sedang kalau dilakukan pada  hari yang sama, maka kifaratnya cukup satu kali saja. Kemudian apabila seseorang melakukan pelanggaran yang mewajibkannya berkifarat dan langsung dia kifarati, tetapi pada hari itu juga dia melakukan lagi perbuatan yang sama, maka cukuplah baginya satu kifarat yang telah dia lakukan tadi, sekalipun dia menanggung dosa besar tentunya. Dan Allah jualah Yang Lebih Tahu.

2. Membunuh seorang muslim tanpa disengaja. 
Kesalahan tersebut mewajibkan pelaksanaan salah satu dari dua denda, yaitu diyat atau kifarat. Kifarat untuk itu ada dua macam yaitu:

  • Memerdekan hamba beriman yang tidak ada cela pada dirinya yang menghambat kerja atau usaha.
  • Puasa 2 (dua) bulan berturut--turut. 
  • Ulama Syafi’iyah menambahkan bahwa jika seseorang karena tua atau sangat lemah tidak kuat berpuasa, maka ia dapat menggantikannya dengan memberi makanan untuk 60 orang miskin masing-masing 1 mud (+ 1 liter).

3. Seorang suami melakukan zhihar
Karena ucapan zhihar itu suami tersebut bergaul dengan istrinya. Kemudian ia bermaksud menarik kembali ucapan zhiharnya itu karena keinginannya untuk bergaul seperti sebelum terjadinya zhihar.

  • Wajib membayar kifarat, ialah memerdekakan seorang hamba atau jika ia tidak mampu.
  • Berpuasa 2 bulan berturut-turut. Jika ia tidak kuat berpuasa, maka ia terkena hukum wajib memberi makanan untuk orang-orang miskin sebanyak 60 orang masing-masing 1 mud.
4.Bersumpah lantas dengan sengaja ia melanggar sumpahnya
  Pelanggaran tersebut menyebabkannya terkena kifarat sumpah, yaitu:

  • Wajib memerdekakan seorang hamba atau jika ia tidak mampu,
  • Wajib memberi makan/pakaian 1 orang miskin atau jika itupun ia tidak mampu,
  • Wajib berpuasa 3 hari

5. Seorang yang sedang ihram membunuh binatang buruan
baik yang halal maupun yang haram. Kifaratnya adalah:

  • Menggantinya dengan hewan ternak yang seimbang dengan binatang buruan yg dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil dan disembelih sebagai hadya (kurban) di tanah haram serta dagingnya diberikan kepada fakir miskin, atau jika tidak mampu,
  • Memberi makanan kepada fakir miskin yang banyaknya sedemikian rupa sehingga seimbang dengan hadya (hewan pengganti) tersebut, atau
  • Berpuasa sejumlah hari yang seimbang dengan makanan yang seharusnya ia keluarkan (jumlah hari puasa itu adalah sebanyak mud yang diberikan kepada fakir dan miskin. Mud tersebut dibanding seimbangkan dengan hewan yang disembelih tadi).
Niat Puasa Kifarat adalah:


نوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ لِكَفَارَةِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya:
“Saya niat puasa esok untuk melaksanakan kifarat (dalam hati menyebut puasa kifaratnya ) fardu karena Allah ta’ala.

55 komentar:

  1. Bismillaah...
    Maaf, sebagai ralat, yang benar adalah memberi makan/memberi pakaian kepada 10 orang miskin (kifarat sumpah/yamin), bukan 1 orang miskin.

    “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang disengaja, maka kifarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kifarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu” [Al-Maidah : 89]

    Mohon diganti...
    Baarakallaahu fiikum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah puasa kaffarat. Melaksanakan puasa ini kapan dan hari apa terima kasih

      Hapus
    2. Melaksanakannya bisa sewaktu2,, kecuali hr tasyruk atau ramadhan

      Hapus
    3. Bagai mna cara puasa kifarat.apa kita puasa selama 3 hati itu pull tidak melakukan berbuka puasa selma 3 hari.. atau apa berturut turut..misal ny seperti puasa yang sering kita lakukan dlm bln rmadan..melakun brbuka puasa..tlong pnjlsan ny...

      Hapus
    4. 60 hari berturut turut, seperti puasa bln Ramadhan tetap berbuka puasa. Dari yg ditulis diatas sprti itu,mohon maaf apabila ada salah🙏

      Hapus
    5. Janji dgn disaksikan orang lain bisa dikafarat kah?

      Hapus
  2. Misalkan sumpah kafir tapi melanggarnya gimana mohon penjelasannya

    BalasHapus
  3. apa yang dimaksud "dalam hati menyebut puasa kifaratnya"?? Tolong jawabannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di atas kan ada 5 jenis puasa kafarat, maksudnya menyebut di dalam hati itu anda niat mau puasa kafarat yg mana, contoh : anda ingin puasa kafarat karena melanggar sumpah, maka di dalam hati anda niat puasa kafarat karena melanggar sumpah
      Semoga bermanfaat
      Terimakasih :)

      Hapus
    2. Kalau seandainya tidak disebut dalam hati hanya niat kafarat saja . Sah kah puasanya?

      Hapus
  4. Maksudnya puasa kifarat itu sama seperti bulan ramadhan buka puasa pas maghrib?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yg nmnya puasa ya slalu ada buka dan sahur,,, tp kalau tdk jg ta mslh.. Waktu jg bs ewaktu2

      Hapus
  5. (dalam hati menyebut puasa kifaratnya ) maksudnya apa itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Itu di atas kan ada 5 jenis puasa kafarat, maksudnya menyebut di dalam hati itu anda niat mau puasa kafarat yg mana, contoh : anda ingin puasa kafarat karena berhubungan badan disiang hari ramadhan, maka di dalam hati anda berniat puasa kafarat karena telah berhubungan badan disiang hari ramadhan
      Semoga bermanfaat
      Terimakasih :)

      Hapus
  6. Assalamualaikum
    pak puasa sela tiga harinya itu berturut turut atau boleh dijedah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Beberapa ulama mengatakan harus berturut-turut namun ada juga yg membolehkan untuk boleh di jeda / tidak berturut - turut
      Semoga membantu
      Terimakasih :)

      Hapus
  7. Mau tanya kalo puasa kafarat dapat sepuluh hari trus lupa dia gak melanjutkan nya tu ngulang lagi apa gimana

    BalasHapus
  8. Ass
    Mohon maaf saya mau tanya saya ingin berpuasa selama 60 hari berturut2 ..
    Tapi yang ingin saya tanyakN disitu kan tidak boleh putus selama 60 hari kalo saya halangan apakah bisa terputus karna halangan tersebut (PMS) terima Ksih

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah membantu masalah saya

    BalasHapus
  10. dalam hati menyebut puasa kifaratnya.
    maksudnya gimaba ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di atas kan ada 5 jenis puasa kafarat, maksudnya menyebut di dalam hati itu anda niat mau puasa kafarat yg mana, contoh : anda ingin puasa kafarat karena melanggar sumpah, maka di dalam hati anda niat puasa kafarat karena melanggar sumpah
      Semoga bermanfaat
      Terimakasih :)

      Hapus
  11. kenapa yg nanya "Apa maksudnya Dalam hati menyebut puasa kifaratnya?" selalu diabaikan... padahal saya juga ingin tau , mohon bantuannya...

    BalasHapus
  12. Terimakasih ini sangat membanfu

    BalasHapus
  13. Terimakasih ini sangat membanfu

    BalasHapus
  14. Sebagian ada penjelasan kalau cuma melanggar sumpah disengajah boleh memberi pakaian pada 1 orang miskin, dan ada yang menjelaskan harus memberi pakaian pada 10 orang miskin, tolong penjelasannya yang mana yang benar?
    Terimakasih

    BalasHapus
  15. Sebagian ada penjelasan kalau cuma melanggar sumpah disengajah boleh memberi pakaian pada 1 orang miskin, dan ada yang menjelaskan harus memberi pakaian pada 10 orang miskin, tolong penjelasannya yang mana yang benar?
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. Bolehkah puasa kifarat di gabung dengan puasa sebelum idul adha ??

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Bismillah
    Saya mau tanya,kalo menarik janji juga harus berpuasa kifarat ya?
    "Mohon pencerahannya Syukron...

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah.
    Sangat bermanfaat.
    Terimakasih pada admin dan semua yg berpartisipasi.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum..ustad saya mau bertanya. Saya bernazar namunn setelah saya terucap nazarnya saya merasa saya tidak sanggup menjalankanya jadi saya membayar kafarat saja boleh nggak ustad

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum..ustad saya mau bertanya. Saya bernazar namunn setelah saya terucap nazarnya saya merasa saya tidak sanggup menjalankanya jadi saya membayar kafarat saja boleh nggak ustad

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum wr.wb
    Sebelumnya terimakasih krn semuanya telah membantu begitupun pemilik blog
    Saya ingin bertanya, saya sudah berjanji suatu hal tetapi saya inkar (tidak menepati janji itu) nah itu jika tidak kasih 10 baju/makanan pada org miskin/tidak mampu bisa juga diganti dengan puasa 3 hari?
    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    BalasHapus
  23. setela membayar kifarat/puasa terus kita melanggar lagi(segaja melanggar) apa kah kita perlu bayar kifarat/puasa lagi

    BalasHapus
  24. Bagaiman kalau terlanjur bersumpah demi ibu, krn menutupi kesalahan??

    BalasHapus
  25. Saya mau tanya
    contoh
    1 kali saya bersumpah lalu saya patahkan sumpah saya apa
    itu artinya saya harus puasa 3 HARI

    kalo contoh
    3 kali saya berusumpah lalu saya patahkan sumpah saya apa
    itu artinya saya harus puasa 9 HARI?

    Mohon jawabannya siapaun

    BalasHapus
  26. Puasa kiffarat dilakukan setelah melakukan pelanggaran atas sumpah atau sebelum melakukan pelanggaran?

    BalasHapus
  27. Saya mau tanya.
    Saya pernah bersumpah untuk menjauhi larangan Allah. (Apabila saya memakai narkoba saya akan murtad) tapi telah saya langgar sumpah saya. Apakah masih bisa dimaafkan.

    Mohon penjelasan nya
    Terima kasih...

    BalasHapus
  28. assalamualaikum, mohon penjelasan untuk tertulis di bawah:

    1) puasa ini boleh dilakukan di hari biasa? atau ada hari yg mengaharamkannya untuk berpuasa

    2) Dilakukan secara menerus atau boleh silang silang?

    3) niat untuk rumi dan jawi bagaimana?

    situasi nya, saya berjanji kepada tuhan, saya tidak akan membuat perkara tidak baik

    maka saya melanggarnya dan telah melakukan perkara yang tidak baik itu.

    saya datang dari keluarga yg miskin jadi saya berhasrat untuk membayarnya dengan puasa.

    terima kasih, mohon bantuan.

    BalasHapus
  29. Mau tanya pa,kalo saya melakukan hubungan suami istri setelah adzan subuh dibulan ramadhan,apakah kami membauar kifarat juga pa,mohon penjelasanya

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum.....mohon penjelasan nya pak ustadz.....
    "saya sdh bersumpah dn berjanji tdk akan mengulang kesalhan lagi,,,tp saya langgar walaupun kesalhan nya itu ringan,,,,tdk begitu berat,,,,
    Apa saya harus membayar kifarat sumpah?
    Mohon pnjelasan nya ya ustadz🙏🙏🙏
    Karna kalau saya membayar nya,,,,saya harus segera mmbyar nya pak ustadz,,,jd saya menunggu jawaban dr ustadz....

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum
    Klo Puasa kafarat yg 60 harinya berturut turut itu, apakah boleh dijeda selain haid?
    Mohon respon nya ya

    BalasHapus
  33. pak kalo niat nya itu sekali apa setiap mau puasa

    BalasHapus
  34. Q pernah bilang m tmn"q g mau punya anak dlu q mau punya anak nanti klu q pergi ke bruney lg"..tp ternyata nympe sekarang blum kesampaian trus q udh pisah m suami yg dlu dan sekarang nikah lg tp nympe sekarang q msh blm punya anak..apa itu termasuk sumpah??mohon jawabannya..terima kasih.

    BalasHapus
  35. Assalam, boleh diniat untok 2 bulan @ pakai niat hari2.?

    BalasHapus